Home > Uncategorized > diet apa yaaa…?

diet apa yaaa…?

Diet tidak tidak makan nasi, raw food diet, Atkin’s diet, diet golongan darah, zone diet, diet apa yang anda pilih? Diet Inti dari diet adalah menemilih jenis makanan yang baik, mengkonsumsi sejumlah kalori sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas . Jika pekerjaan anda cuma duduk di kantor,sekali-kalinya lari cuma untuk mengejar bus, jangan samakan jumlah makanan yang masuk dengan pekerja lapangan. Kegemukan terjadi apabila jumlah makanan yang masuk lebih banyak dari pada energi yang dikeluarkan. Dan ingat“you are what you eat”. Kalau makan minyak2 jelantah, lemak-lemak yang juicy di steak itu, jeroan-jeroan, santan, seperti itulah isi perut dan darah anda. Lengket, berminyak, warnanya keruh dan kental.

Diet yang baik harus mudah, nikmat, santai. Memang kedengarannya mudah dan kata “nikmat” dalam diet tentu berbeda dengan nikmatnya soto betawi. Tetapi beri waktu satu bulan untuk menjalaninya, maka tubuh anda sudah dapat menyesuaikan dengan “nikmat” versi terbaru. Tubuh anda akan berterima kasih dan membalas kebaikan anda dengan kecantikan kulit yang terpancar, wajah yang fresh, dan daya tahan tubuh yang lebih kuat.Dahulu kita punya empat sehat lima sempurna sekarang kita punya piramida makanan yang menjadi pedoman pengaturan gizi.

Konsumsi karbohidrat sebanyak 60 % dari keseluruhan asupan makanan sehari dan protein sebanyak 15%, lemak sebanyak 20% dan konsumsi buah dan sayur sebanyak minimal lima porsi sehari. Hitung saja satu porsi ukuran buah dan sayur sebesar kepalan tangan.Jauhi sumber karbohidrat sederhana seperti gula, nasi putih,  tepung, pasta, roti dan ganti dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, gandum, roti gandum, pasta gandum, sayuran. Karbohidrat akan diubah menjadi lemak apabila tidak digunakan atau tidak ada pembakaran. Karbohidrat kompleks memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana karena memiliki Glikemik Indeks yang rendah.

Sumber protein yang terbaik berasal dari protein hewani. Tetapi pilih daging ikan atau ayam dibandingkan daging sapi karena memiliki kadar lemak yang lebih rendah. Kombinasikan juga dengan sumber proteinnabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan. Kacang merah dan kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang memiliki kandungan protein cukup tinggi.

Jangan jauhi lemak. Lemak memiliki banyak manfat bagi tubuh kita. Tetapi, pilih lemak yang baik, seperti alpukat, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak jagung. Jauhi makanan yang digoreng secara deep fried ; cukup satu porsi dalam sehari.

Hiasi piring makan dengan warna warni bebagai sayuran setiap kali makan. Semakin berwarna warni makanan yang kita makan semakin sehat pula tubuh kita.Jangan lupa lakukan olahraga secara rutin. Jika ingin menurunkan merat badan dan tetap stabil, makan sehat dan olahraga sudah menjadi satu paket wajib dalam hidup. Untuk penurunan berat badan, lakukan olahraga yang bersifat aerobik seperti berjalan kaki, jogging, berenag, bersepeda,  selama tiga kali seminggu minimal 30 menit dengan intensitas sedang. Jangan memaksa melakukan high impact terutama apabila anda masih dalam status berat badan lebih bahkan obesitas. Selain beresiko, olahraga high impact lebih berpengruh terhadap pembakaran protein (otot) dibandingkan lemak. Cara mudah menghitung fat burning zone  anda adalah 60-70% dari denyut nadi maksimal anda (denyut nadi maksimal = 220 – usia) atau gampangnya apabila anda masih bisa mengobrol tetapi tersengal-sengal ambil melakukan olahraga tersebut.

Diet tidak berarti kelaparan, makanlah dengan porsi kecil tetapi sering. Jangan lupa selalu membawa camilan kemana pun anda pergi. Tentu saja camilan yang sehat seperti yoghurt rendah lemak, buah-buahan, crakers. Jangan pernah melewatkan sarapan dan usahakan makan dengan jadwal yang teratur.



Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: