Home > Uncategorized > my first talkshow/antioxidant

my first talkshow/antioxidant

Hari ini aku diundang suntv untuk jadi narasumber di acara reverensiana. ceritanya aku akan membahas tentang sayur dan buah  organik untuk kecantikan dan kesehatan. setelah salah menangkap arah yang ditunjukan satpam (bukannya belok aku malah keluar gedung)..sampailah di studio. touch-up make up, ngobrol2 dengan hostnya yang cantik; Intan dan mulai lah acaranya.

“apakah yang dimaksud dengan sayur dan buah organik dan apa bedanya dok?” jadi, sayur dan buah organik itu,seluruh prosesnya bebas bahan kimia. mulai dari pupuknya, airnya, lingkungannya bebas polusi. pupuk yang digunakan berasal dari kotoran hewan  yang diternak secara organik juga. jadi prosesnya panjang…dan jauh. tetapi karena bebas bahan kimia; yang tentunya juga bebas bahan penganwet, ini membuatnya gampang busuk, jadi harus cepat dikonsumsi. dan tentu saja lebih mahal. Keunggulan lainnya, yang organik itu kandungan vitamin dan mineralnya bisa 50% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak organik.

jika kadar vitamin dan mineralnya lebih tinggi, tentu saja antioksidannya lebih tinggi juga. antioksidan merupakan suatu substrat yang bekerja menghambat kerja radikal bebas. bayangkan kita membelah apel dan mendiamkannya dalam ruang terbuka, daging apel akan berubah warna menjadi kecoklatan. hal itu menandakan bahwa apel telah teroksidasi. tetapi apabila kita memberi perasan jeruk pada apel tersebut. apel tersebut tidak akan berubah warna. perasan jeruk tersebut berperan sebagai antioksidan. seperti itulah juga didalam sel tubuh kita.

Antioksidan ada yang essential dan nonessential. Essential berarti harus didapatkan dari makanan karena tubuh tidak dapat membentuk sendiri. antioksidan yang terkenal antara lain adalah yang berasal dari vitamin A, C, E, beta karoten,  vitamin K, selenium dan zink.

vitamin A banyak terdapat dibuah-buahan yang berwarna merah kekuningan. selain baik untuk penglihatan, vitamin A berfungsi untuk memperbaiki lapisan (mukosa) saluran pencernaan, saluran pernafasan dan dapat meningkatkan imunitas.

vitamin C banyak terdapat di buah jeruk, buah golongan citrus seperti jeruk lemon, jambu biji, brokoli bahkan kedondong.

vitamin E banyak terdapat di dalam minyak yang berasal dari tumbuhan sepertiminyak zaitun, minyak kelapa, minyak bunga nmatahari, minyak jagung dan juga kacang-kacangan serta buah alpukat. Konsumsi bahan makan sumber vitamin E  ini bisa mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolestrol jahat (LDL).

Beta karoten merupakan prekursor dari vitamin A, artinya beta karoten ini setelah mengalami proses kimia akan diubah menjadi vitamin A.

Vitamin K berlimpah jumlahnya dalam bayam, brokoli, daun pepaya, paria, pokoknya daun yang berwarna hijau tua. vitamin K ini berfungsi untuk pembekuan darah.

Selenium dan zink merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan. selenium banyak terdapat dalam makanan laut. zink didapatkan dari bahan makan sumber hewani seperti daging dan ikan. jadi memperbanyak konsumsi ikan dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Teh hijau juga memiliki efek antioksidan karena mengandung zat yang bernama catechin dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. tetapi ingat, kerja antioksidan ini hanya bekerja apabila teh hijau dikonsumsi hangat.teh hijau jiga dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Hello fatloss!

Apakah sayur yang bentuknya bulat, berwarna merah cerah dan rasanya segar? Tomat!!! Tomat mengandung lycopene. lycopen ini juga banyak terdapat di dalam buah lain yang berwarna kemerahan, bahkan dalam ubi! lycopene ini merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan kanker. penelitian membuktikan bahwa konsumsi tomat dapat menurunkan kadar radikal bebas pada perokok dan dapat mencegah kanker prostat. jika ingin manfaat yang lebih berlimpah dari tomat, panaskan tomat sebentar sampai kulitnya agak mengkerut. atau dicampur dalam sayuran atau dipanggang. saya suka sekali tomat panggang yang diisi dengan daging atau jamur! pemanasan dapat meningkatkan kandungan lycopen dalam tomat.

Antioksidan nonessential atau antioksidan endogen terdapat dalam tubuh dan tubuh dalam membentuknya sendiri. Sontohnya adalah glutathion peroksidase, hidrogen peroksidase dan katalase. Seiring dengan bertambah usia dan meningkatnya radikal bebas dari polusi atau karena pola hidup yang tidak sehat, antioksidan endogen ini dapat menurun jumlahnya. kosnumsi antioksidan dari makanan ternyata dapat meningkatkan antioksidan endogen ini lho. Pemberian vitamin C terbukti dapat meningkatkan kadar glutathion dalam tubuh. Fungsi antioksidan-antioksidan ini adalah untuk melindungi organ-organ tubuh, terutama liver.

jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, diperlukan konsumsi bahan makan sumber antioksidan ini paling sedikit lima porsi dalam sehari! gak sanggup?? kalau saya menyiasatinya dengan memblender bauh-buahan tersebut.  sebenarnya gampang saja, begini contoh menunya :

sarapan :  menu sarapan anda + jus pepaya (1 porsi)

selingan : anggur/apel/kismis  (2 porsi)

makan siang : menu makan siang+ sayur (3 porsi)

selingan : buah potong beli di abang buah (4-5 porsi)

makan malam : menu makan malam + semangkuk sayur (5-6 porsi)

Saya biasa makan malam sebelum jam 6. tetapi di malam hari, seperti jam 9 saya biasanya lapar. saya memblender buah-buahan. kombinasinya biasanya apel-strawberry, apel-anggur, strawberry-anggur, apel-tomat, pepaya-jeruk, strawberry-pisang, anggur-yoghurt dan saya selalu mencampurkan minyak zaitun ke dalam juice. selain supaya kerja vitamin A-nya menjadi lebih maksimal, cara terbaik menkonsumsi minyak zaitun itu dengan cara diminum mentah, berhubung kalo diminum rasanya amit-amit, saya campur dengan juice buah.

Kulit cerah, pencernaan sehat, jantung dan pembuluh darah sehat, prostat sehat (saya tidak mempunyai kelenjar  prostate tapi yaa), life is good.

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150099934767909&set=a.36796957908.47179.720957908&theater

dr.B

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: